Dokumentasi Gabyar PAUD

PKK Kabupaten Wonosobo

Gebyar PAUD

Kegiatan Gebyar PAUD tingkat Kabupaten yang diikuti sebanyak 630 anak sebagai perwakilan dari 15 Kecamatan di Halaman Sasana Adipura Kencana.  Tema dari penyelenggaraan Gebyar PAUD tahun ini adalah Gerakan Ayo ke PAUD yang merupakan gerakan kolaborasi antar sektor. Para pihak yang terlibat yaitu Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga,  Camat, Kepala Desa, Lurah, Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Desa dan Bunda PAUD.

Lagu “Ayo ke PAUD” menjadi lagu kampanye yang sekaligus diluncurkan dalam acara ini. Bupati didampingi Wakil Bupati Muhammad Albar dan Bunda PAUD Wonosobo Dyah Afif Nurhidayat SSTP memberikan apresiasi kepada bunda PAUD se-Kabupaten Wonosobo Wonosobo yang telah mengikhlaskan serta mencurahkan seluruh tenaga dan pikirannya untuk mendidik anak Wonosobo menjadi generasi yang cerdas. Regulasi terkait PAUD menjadi agenda Pemerintah Kabupaten Wonosobo untuk mendukung kemajuan pendidikan anak usia dini.

Dalam kegiatan ini pula ditampilkan pameran alat pembelajaran PAUD yang bermuatan kearifan lokal yang ada di lingkungan sekitar. Kepada Camat, Kepala Desa, Lurah juga seluruh Bunda PAUD diharapkan untuk  terus mendampingi dan mengembangkan PAUD yang ada di desa dan kelurahan." imbuh Tono Prihatono

Kegiatan  lain yang juga diselenggarakan antara lain  Senam Anak Merdeka Berjiwa Pancasila yang diperagakan oleh guru PAUD Perwakilan dari 15 Kecamatan. Selain itu untuk menguatkan karakter anak, diselenggarakan kegiatan mendongeng yang berisi pesan moral kepada anak anak agar mereka memiliki karakter terpuji.

Lomba-lomba yang diadakan di antaranya Geguritan, Membentuk Plastisin dan Memindahkan bagi PAUD Formal. Sedangkan lomba bagi PAUD NONFORMAL yakni Gerak dan Lagu serta Estafet Bola. Lomba tersebut diselenggarakan untuk menstimulasi perkembangan motorik dan psikologi anak.

Rangkaian kegiatan terakhir adalah Gelaran loose part dimana kegiatan ini adalah Penataan lingkungan main dengan media loose part guna menguatkan dan mensosialisasikan kegiatan main pada Implementasi Kurikulum Merdeka PAUD

  • 14 November 2022 08:29:50

Pengumuman