Dok kegiatan Sosialisasi Germas

PKK Kabupaten Wonosobo

GERMAS

PENYULUHAN GERMAS DAN UPAYA PENCEGAHAN PTM DI KANTOR PKK KABUPATEN WONOSOBO


Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup, dimana Pokja IV TP PKK Kabupaten Wonosobo menyelenggarakan acara penyuluhan Germas dan Upaya Pencegahan PTM


Kegiatan Germas Hidup sehat dilakukan dengan cara antara lain :
1. Melakukan aktivitas fisik
2. Mengonsumsi sayur dan buah
3. Tidak merokok
4. Tidak mengonsumsi alkohol 
5. Memeriksa kesehatan secara rutin
6. Membersihkan lingkungan
7. Menggunakan jamban
Pada tahun 2016, kita mulai secara nasional dengan melaksanakan kegiatan :
1.Melakukan aktivitas fisik
2.Mengonsumsi sayur dan buah
3.Memeriksa kesehatan secara rutin.
Penyuluhan Germas  sangat berkaitan erat dengan penanggulangan PTM dimana bila kita daalam kehidupan sehari-hari selalu hidup sehat maka resiko terkena penyakit tidak menular, dimana pada jaman sekarang penyakit tidak menular sangat tinggi.
Angka penyakit tidak menular di Indoneia Studi beban penyakit global (Global Burden of Disease/GBD) yang dilakukan oleh lembaga penelitian Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) dari University of Washington, menunjukkan adanya peningkatan beban penyakit tidak menular (PTM) di Indonesia. 
Hasil studi tersebut telah dipublikasikan di jurnal The Lancet pada 28 Juni 2018 atas kerja sama antara Kementerian Kesehatan RI, Balitbangkes Kemenkes RI, Badan Pusat Statistik, Eijkman Oxford Institute, Universitas Indonesia, dan beberapa lembaga lainnya, baik di dalam maupun luar negeri.
Studi beban penyakit global ini menemukan adanya peningkatan angka harapan hidup di Indonesia dari 63,6 tahun di tahun 1990 menjadi 71,7 tahun di tahun 2016. Perempuan mengalami peningkatan angka harapan hidup lebih tinggi, yaitu 8,7 tahun, sementara laki-laki 7,4 tahun.
Meski kabar tersebut merupakan kabar baik, di sisi lain dalam kurun waktu yang sama ditemukan bahwa angka penyakit tidak menular di Indonesia justru naik drastis. Kematian dan disabilitas yang timbul akibat diabetes di Indonesia pada 2016, misalnya, tercatat mengalami kenaikan 38,5 persen sejak 2006. 

  • 06 Mei 2019 13:47:54

KOMENTAR

Daftar Komentar


Pengumuman